Nilai Harta Karun Laut yang Dipamerkan di Kantor Susi

Nilai Harta Karun Laut yang Dipamerkan di Kantor Susi

Kementerian Kelautan dan juga Perikanan (KKP) resmi mempunyai galeri yang mengoleksi Barang Muatan Kapal Terbenam (BMKT). Ruangan penyimpanan harta karun laut itu ada di lantai 2 Gedung Mina Bahari IV, Jakarta.

Nilai Harta Karun Laut yang Dipamerkan di Kantor Susi

Beberapa barang bernilai tinggi itu diantaranya keramik, manik-manik, teko, uang keping logam, mangkok, hingga patung. BMKT itu diangkat dari kapal-kapal yang terbenam di perairan Kepulauan Riau, Selat Karimata, dan juga Laut Jawa.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruangan Laut KKP, Brahmantya Satyamurti, menyampaikan beberapa barang antik itu cukup bernilai bila di jual di pasar lelang. Artefak itu datang dari kapal-kapal dagang China, Eropa, dan juga Timur Tengah. Dalam satu muatan kapal, nilainya dapat meraih US$ 18 juta atau juga Rp 240, 3 miliar (kurs Rp 13. 350).

” Dari segi harga dollar, tiap-tiap tempat BMKT bernilai pada US$ 80 ribu hingga US$ 18 juta. Nilai berikut yang lalu memicu pemerintah mengelola BMKT dan juga tak menyerahkannya pada pihak lain, lantaran BMKT yaitu punya bangsa, ” kata Brahmantya di kantor KKP, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Disibakkannya, sekarang ini KKP mempunyai gudang penyimpanan yang menyimpan 200. 000 lebih koleksi harta karun kapal terbenam dari era 9 hingga 18 masehi di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Di galeri yang baru terbangun itu, lanjutnya, cuma sejumlah 1. 500 artefak atau juga kurang dari 1% dari BMKT. Bahkan juga, pihaknya merencanakan buka galeri histori dari harta karun laut ini ditempat umum yang lain.

” Yang akan datang KKP bakal membawa semakin banyak BMKT pada umum, tidak cuma di galeri ini namun juga ditempat umum yang lain, seperti bandara, ” tutur Brahmantya kepada KursDollar.co.id.

Disamping itu, Nani Harkantiningsih, Peneliti Pusat Arkeologi Nasional Kemendikbud, mengungkap sesungguhnya sangat banyak barang yang bernilai begitu tinggi seperti yang memiliki bahan emas tetapi tidak dapat dipamerkan di galeri.

” Dalam tiap-tiap pengangkatan BMKT nyaris tentu ada emas, seperti patung dan juga pedang. Cuma tak dapat dipamerkan, lantaran menyangkut keamanan, lalu disimpan di safety box Bank Mandiri, ” tutur Nani.

Dia menjelaskan, untuk barang paling bernilai di galeri BMKT KKP ini, yaitu artefak yang datang dari periode Cangsa atau juga dari era ke-9.

” Paling bernilai dari Cagsa, seperti mangkok dan juga teko. Bukanlah permasalahan barangnya, namun karenanya dari periode paling tua, ” jelas Nani yang mempelajari 200. 000 artefak yang disimpan KKP di Bogor ini.