Penyebab Dinding Rumah Bebas Retak Rambut

Rumah adalah tempat ternyaman karena di sanalah kita berkumpul dengan keluarga dan beristirahat dengan santai. Untuk membangun sebuah rumah juga tak murah untuk saat ini. Maka perlu anggaran yang tepat untuk menciptakan rumah idaman.

Masalahnya dalam proses pembangunan kita kadang tak memperhatikan dengan detail material atau cara pembangunannya. Sesudah jadi, rumah pun kadang ada masalah retak rambut pada dinding. Lalu apa penyebab retak rambut pada dinding rumah dan bagaimana agar bangun rumah bebas retak rambut :

  1. Takaran kurang pas

Pada saat proses pembangunan, campuran atau takaran material kurang sempurna. Misalnya jumlah pasir, air, dan semen perbandingannya tidak sempurna sehingga saat diplester akan menyusut dan mengakibatkan dinding retak rambut. Maka untuk bangun rumah bebas retak rambut, diusahakan komposisi material bangunan ditakar sesuai perbandingan yang benar agar saat sudah diplester tak akan menyusut.

  1. Gempa

Selain faktor manusia, faktor alam juga bisa membuat rumah retak rambut. Gempa yang terjadi bisa membuat dinding retak karena pergeseran atau gerakan bumi yang cukup kuat sehingga menggerakkan dinding. Jadi sebisa mungkin untuk mewujudkan bangun rumah bebas retak rambut, dinding dibuat sekuat mungkin dan diplester dengan baik.

  1. Pembangunan yang terburu-buru

Faktor inilah yang menjadi dinding menjadi retak rambut. Kontraktor pembangunan yang dikejar deadline banyak yang terburu waktu karena sudah mepet. Hal tersebut karena kalau melebihi deadline akan menambah biaya upah pekerja.

Biaya anggaran awal juga bisa membengkak. Namun hal tersebut seharusnya bukan menjadi alasan untuk membangun rumah dengan memerhatikan aspek kekuatan bangunan.

Demi terealisasinya bangun rumah bebas retak rambut, maka pembangunan juga harus sesuai dengan  prosedur sebenarnya.  Nah, bagi yang masih merasa khawatir, terjadinya retak rambut, hal-hal yang menyebabkan retak  rambut bisa diminimalisir dengan menghindari hal-hal yang memungkinkan terjadinya retak rambut. Dengan menggunakan jasa kontraktor yang tepat. Selain itu anda juga disarankan untuk menggunakan jasa interior untuk desain rumah anda.

Kesimpulannya pembangunan yang terburu-buru dan komposisi material yang kurang pas menjadi penyebab retak rambut. Kalau gempa memang tak bisa dihindari, waspada selalu itu perlu. Tetap ada baiknya apabila Anda membangun rumah bebas retak rambut. Terapkanlah beberapa hal diatas agar bisa membangun rumah bebas retak rambut.